Perubahan pada ibu hamil

On: Thursday 7 January 2010

PERUBAHAN Payudara

Di awal kehamilan, payudara Anda akan melunak, kepekaan puting susu meningkat dan pembesaran payudara terjadi. Hal ini sangat normal karena kelenjar susu mulai giat berproduksi. Sampai pada bulan ke tujuh payudara memproduksi sedikit kolostrum, yaitu cairan kekuningan yang diminum bayi saat awal kehidupannya. Dengan perubahan payudara yang semakin besar, Anda harus memakai BH yang juga lebih besar dan kuat untuk menyangga.

Perubahan Kerja Jantung dan Paru-paru

Karena kebutuhan suplai darah meningkat pada ibu hamil, jantung bekerja lebih keras selama masa kehamilan ini. Selain itu efek dari rahim yang membesar, paru-paru semakin tertekan dan membuat ibu hamil sesak nafas dan menjadi cepat lelah.

Perubahan Kulit dan Rambut

Perubahan hormon selama kehamilan bisa membuat perubahan pada kulit dan rambut. Saat hamil rambut menjadi lebih berminyak atau sebaliknya lebih kering. Sedang perubahan pada kulit umumny jika kulit Anda awalnya berminyak berubah menjadi kering, demikian juga dengan sebaliknya. Karena itu jangan malas untuk merawat dan menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh Anda.

Perubahan Emosi

Perasaan tak menentu sering terjadi pada ibu hamil. Kadang muncul perasaan sedih, gembira, kesal dan lain sebagainya. Jika ini dibiarkan bisa menyebabkan depresi dan akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Sebab stres pada ibu hamil bisa berpengaruh pada perkembangan otak kiri dan kanan janin. Akibatnya bisa terjadi hambatan perkembangan dalam berbahasa kelak dikemudian hari.

Perubahan Mulut

Selama masa kehamilan biasanya ibu-ibu akan mengalami pembengkakan gusi, timbul karang gigi atau pun gusi berdarah. Bahkan, tak jarang menimbulkan lubang gigi. Untuk pencegahannya kunjungi dokter gigi Anda secara rutin untuk mendapatkan perawatan yang baik.

Perubahan Air Seni

Ibu hamil cenderung sering bolak-balik kamar kecil untuk buang air seni dan terjadi tidak hanya pada siang hari tetapi juga pada malam hari. Hal ini terjadi akibat adanya tekanan pada kandung kemih karena pembesaran rahim dan jain Anda.

Pembengkakan Kaki dan Tangan

Kenaikan volume darah Anda akibat pertumbuhan janin bisa membuat kaki menjadi bengkak dan pada kasus tertentu bisa menimbulkan varieses. Ukuran sepatu Anda pun bisa jadi menjadi lebih besar.

Puting Susu Lebih Gelap

Pada bulan kedua kehamilan payudara ibu hamil terasa lebih berisi, kenyal dan lembut, sebab tubuh sedang mempersiapkan proses untuk menyusui. Biasanya pada 10 hari setelah terlambat datang bulan akan muncul benjolan kecil pada aerola (daerah di sekitar puting susu). Sedangkan karena naiknya tingkat hormon tertentu yang menambah pigmen kulit, banyak ibu hamil yang mengalami perubahan pada warna puting susunya, yakni menjadi lebih gelap. Tapi tak perlu cemas karena setelah melahirkan warna gelap akan berkurang dengan sendirinya.

Wasir

Wasir yang diderita oleh ibu hamil kadang membesar karena pada masa kehamilan pembuluh darah membesar dan pada akhir kehamilan lebih banyak darah yang mengalir di dalam rahim. Terkadang wasir menjadi semakin parah sesudah melahirkan. Agar tak terjadi wasir, ketika Anda buang air besar maka jangan mengejan keras-keras dan perbanyaklah untuk memakan makanan yang berserat.

0 comments on "Perubahan pada ibu hamil"